Halaman

Apa itu Google AdSense ?

Google Adsense adalah program periklanan yang di keluarkan oleh Google dimana jika kita sudah mendaftar adsense dan diberi kode iklan ( ads ) khusus dari google kemudian memasang kode tersebut pada blog / web kita, iklan tersebut akan muncul setiap pengunjung mengunjungi blog / web kita. Jika pengunjung melakukan klik pada salah satu iklan yang ada, kita bisa mendapatkan fee dari Google, mulai dari sekian sen dollar hingga beberapa dollar per klik sesuai dengan keyword oleh si pemasang iklan. Iklan bisa muncul dalam bentuk teks, gambar, gabungan teks dan gambar serta video .

Bagaimana caranya mendapatkan akun Adsense ?

Langkah langkah untuk mengikuti program Google Adsense adalah sebagai berikut :

1. Bukalah akun di Gmail.
Buatlah akun baru ( bagi yang belum punya ) di http://www.gmail.com/ karena ini juga punya google ( dan banyak keuntungannya pula ) dan bila sudah bersiaplah untuk langkah yang kedua.

2. Membuat Website / Blog
Buatlah blog pada layanan blogspot / blogger misal di http://www.blogger.com/. Layanan ini milik Google.sehingga bisa lebih cepat untuk di approvalnya.

3. Isi Blog / web harus Berbahasa Inggris
Google Adsense belum mendukung bahasa Indonesia jadi buatlah blog dengan bahasa Inggris minimal 3 - 7 posting. Untuk keperluan pendaftaran, bisa anda copy-paste suatu artikel yang tentu saja dengan memperhatikan ketentuan google adsense pada blog / web dan sebaiknya mencatumkan pemilik dari artikel tersebut.

3. Daftar pada Layanan Google Adsense
Anda bisa mendaftar layanan Google Adsense dengan melalui https://www.google.com/adsense/g-app-single-1 ikuti petunjuk yang diberikan. Bisa juga daftar lewat akun blogger anda atau akun gmail Anda. Isikan dengan data anda sebenarnya karena data alamat maupun alamat gmail yang digunakan untuk keperluan pembayaran.

4. Tunggu Konfirmasi Pendaftaran 2-4 hari
Google akan memberikan konfirmasi mengenai pendaftaran, baik diterima maupun ditolak dalam jangka waktu 2 sampai dengan 4 hari. Jika ditolak, ulangi prosedur pendaftaran dari awal. Google biasanya memberikan penjelasan mengenai alasan penolakan.

Jika diterima, akan ada pemberitahuan di akun gmail anda dan diberikan alamat untuk mengambil kode adsense untuk dipasang pada blog / web anda. Banyak cara untuk penempatan kode adsense tergantung dari keinginan anda dan model template blog / web yang akan anda pasangi kode dari google adsense.

5. Fokuslah agar blog / web anda banyak dikunjungi
Setelah kode adsense dipasang maka langkah terakhir adalah bagaimana blog / web anda banyak dikunjungi orang ?? belajarlah SEO, trik trik menaikkan pagerank, dan lain lain agar blog / web anda terkenal dan banyak pengunjungnya.

Jangan berharap mudah meraih dollar dengan Adsense. Memang ada banyak yang berhasil dengan Adsense, tapi banyak juga yang gagal.. Jadikan Google Adsense sebagai media untuk terus mengisi artikel bagus pada blog dan sebagai media melatih kedisiplinan dalam menulis serta berbahasa Inggris. Semakin banyak artikel, semakin banyak peluang pengunjung blog. Semakin banyak pengunjung blog, semakin besar peluang iklan Adsense anda di klik.
Jangan ambil jalan pintas dengan melakukan klik pada iklan sendiri atau menyuruh teman, saudara, rekan kerja maupun orang lain untuk secara sengaja melakukan klik pada iklan. Google memiliki kemampuan mendeteksi kecurangan ini dan akan membanned kode adsense anda.
Sabarlah pada hasil yang didapatkan. Hasil yang didapat mencerminkan nilai blog anda. Jika masih minim sekali, itu artinya kita harus lebih fokus pada upaya meningkatkan kualitas tulisan dan artikel blog. Pelajari cara mengisi artikel disini dan downloadlah contoh artikel berbahasa inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar