Halaman

Kiat mudah promosi Blog

Mendaftarkan blog ke search engine

Setelah blog sudah siap maka salah satu cara agar blog bisa dikenal dan di kunjungi banyak orang adalah dengan mendaftarkan ke search engine atau mesin pencari yang mana jumlahnya sangat banyak sekali, tapi ada beberapa yang paling terkenal yaitu Google, Yahoo, serta MSN. Apabila blog anda ingin terindeks pada mesin pencari mereka, maka anda wajib mendaftarkan URL blog anda pada mesin pencari mereka.
Untuk google di
http://www.google.com/addurl/
Untuk yahoo di
https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit
Untuk msn di
http://search.msn.com/docs/submit.aspx?
Namun anda ga usah repot repot dengan mendaftar satu per satu ke semua search engine yang jumlahnya puluhan tapi dapat memanfaatkan layanan dari mypagerank.net dengan alamat url
http://mypagerank.net/service_enginessubmit_index

Atau dengan bantuan Web Submitter :
http://freewebsubmission.com/
http://websitesubmit.hypermart.net/
http://www.submitexpress.com/

Mendaftarkan blog ke direktori blog
Manfaatnya adalah anda akan berhubungan dengan bloger bloger lain sebagai kawan yang akan memperluas jaringan bloger sehingga mereka juga akan mengunjungi blog anda walaupan tanpa ada peraturan tertulisnya.
Daftar direktori yang patut anda daftari seperti
http://www.blogcatalog.com/
http://www.blogexplosion.com/
http://www.technorati.com/
http://www.blogindonesia.com/ dan banyak lagi.

Bergabung dengan situs social bookmarking
Situs social bookmarking adalah situs yang memberikan layanan social bookmarking atau kata lainya menyimpan situs favorit secara online sehingga bila anda ingin mengunjunginya dapat dengan mudah hanya dengan membuka bookmark tersebut.
Daftar situs boormark yang terkenal :
http://www.del.icio.us/
http://www.digg.com/
http://www.blogmark.net/
http://www.excities.com/ dan banyak lagi.

Via email
Email adalah salah satu sarana promosi yang paling efektif karena anda bisa langsung berkomunikasi dengan target anda karena langsung masuk di mailbox dan langsung dibaca. Hindari email spam karena akan merugikan anda sendiri.

Dengan autoresponder
Adalah jenis email yang terkirim secara otomatis ke alamat email target anda sesuai dengan data base yang telah tersimpan.
Daftar penyedia autoresponder yang terkenal seperti
http://www.getrespone.com/
http://www.aweber.com/
http://www.sendfree.com/
http://www.followingup.com/

Dengan search engine optimation ( SEO )
Dengan SEO akan memaksimalkan posisi blog anda supaya menduduki peringkat teratas pada mesin pencari sehingga kemungkinan blog anda dikunjungi akan sangat besar sekali.

Dengan mailing list
Adalah sekelompok blogger yang berkumpul dalam suatu komunitas tertentu dengan membuat topik topik bahasan di mana setiap membernya bisa melakukan kontak dengan member yang lain. Jika suatu milis beranggotakan 5000 orang saja dan anda adalah salah satu anggotanya maka anda bisa mengirim pesan tertentu ke 4999 anggota yang lain.
Daftar milis yang terkenal seperti
http://www.yahoogroups.com/
http://www.group.google.com/
http://www.coollist.com/

Dengan iklan baris online
Anda dapat menggunakan iklan baris dengan gratis yang langsung tersebar ke beberapa situs iklan secara cepat asalkan pemilihan kata, keringkasan dan penggunaan kalimat yang tepat sehingga orang tertarik dengan iklan anda dan mengunjungi blog anda.

Dengan pertukaran banner
Dengan pertukaran banner atau lebih dikenalnya sebagai banner exchange akan memungkinkan blog anda dikunjungi prospek anda secara otomatis.
Daftar pertukaran banner seperti
http://www.neobanners.com/
http://www.worldbannerexchange.com/
http://www.bannerindonesia.com/
http://www.indobanner.com/

Dan banyak lagi cara supaya sebuah blog banyak dikunjungi orang yang tidak diulas disini karena akan menyita waktu anda dan memusingkan seperti via chatting, pop up, signature file, meninggalkan komentar, beli back links dan lain lain. Namun apa yang sudah dijabarkan diatas adalah cukup manjur untuk menaikan pagerank dan jumlah kunjungan ke blog anda.

2 komentar: